Media Seputar Teknologi, Review, dan Berita Terbaru

Selasa, Oktober 17, 2023

4 Cara Mengatasi WA Error Terbaru 2023

| Selasa, Oktober 17, 2023

Cara Mengatasi WA Error - Beberapa tahun terakhir, WhatsApp (WA) menjadi aplikasi chating yang sangat populer, baik di kalangan masyarakat Indonesia, maupun dunia. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 silam, WhatsApp sudah terunduh kurang lebih 5 miliar kali, baik di Play Store, App Store, maupun PC.

Seiring semakin populernya WhatsApp, berbagai kendala atau error mulai ditemui oleh pengguna, seperti pesan tidak kunjung terkirim, kontak tiba-tiba hilang, kesulitan mengunduh foto atau video, pesan suara tidak bisa diputar, bahkan tidak bisa menerika kode verifikasi.

Berikut jenis-jenis kendala, serta Cara Mengatasi WA Error yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah saat menggunakan WhatsApp.

Jenis Kendala dan Cara Mengatasi WA Error

 Cara Mengatasi WA Error Terbaru 2023

1. Pesan Tiba-tiba Terhenti

Salah satu kendala yang sering terjadi di kalangan pengguna WhatsApp adalah pesan terhenti, hal ini biasanya disebabkan oleh penyimpanan yang sudah mulai penuh. Adapun Cara Mengatasi WA Error jenis ini adalah sebagai berikut

  • Buka pengaturan telephone
  • Pilih menu Aplikasi dan Notifikasi, lalu klik WhatsApp
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu Penyimpanan
  • Klik Hapus Data, kemudian “Ok”.

2. Tidak Mendapat Kode Aktivasi

Saat ganti HP, nomor telephone, atau melakukan reset pengaturan pabrik, tentu kamu harus login ulang ke akun WhatsApp yang lama. Agar bisa login ulang, biasanya pengguna akan diminta memasukkan kode verifikasi. Namun, terkadang beberapa pengguna tidak mendapatkan kode tersebut.

Cara Mengatasi WA Error jenis ini terbilang cukup rumit, sebab rata-rata kendalanya tidak berasal dari pihak WhatsApp, tetapi dari pihak provider SIM yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan metode lainnya, yakni request ulang kode via pangglian, atau mengaktifkan mode penerbangan.

3. Muncul Tulisan WhatsApp Tidak Terhubung

Bagaimana Cara Mengatasi WA Error yang satu ini? Jika kamu mengalami kendala “WhatsApp tidak terhubung”, padahal jaringa yang digunakan bagus, kamu bisa mencoba masuk ke aplikasi-aplikasi lain terlebih dahulu, misalnya Facebook atau Instagram.

Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, namun kendala belum hilang, kamu juga bisa melakukan penghapusan data dengan cara yang sudah kami sebutkan pada kendala jenis pertama.

4. Kontak Tidak Muncul atau Tiba-tiba Hilang

Cara Mengatasi WA Error jenis ini cukup mudah, penyebabnya juga relatif lebih cepat ditemukan. Kontak yang tidak muncul atau tiba-tiba hilang biasanya disebabkan jaringan kurang stabil atau ada kesalahan saat menyimpan nomor. Pastikan jaringan bagus, lalu coba refresh ulang.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi WA Error terbaru 2023 yang dapat kami sampaikan kepadamu, semoga bisa memberi manfaat dan WA di smartphonemu kembali normal ya.

Related Posts