Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Dampak Minum Air Es Saat Hamil

Dampak Minum Air Es Saat Hamil – Pada saat cuaca yang tak begitu panas, tentu membuat kita sering kali merasa dehidrasi (kehausan). Minum air es adalah sebuah cara tepat yang bisa membantu memulihkan kondisi kita kembali segar. Bukan hanya sekedar menghilangkan haus, melainkan juga membuat tubuh kita menjadi segar bugar. Nah, terus bagaimana bila Anda adalah seorang ibu hamil? Bolehkah meminum es saat hamil? Apa saja dampak minum es saat hamil?

Inilah Dampak Minum Air Es Saat Hamil

Selama masa kehamilan, biasanya para ibu hamil sering mengalami gerah maupun kelelahan yang berlebih, sehingga mereka ingin selalu meminum air es. Tetapi sebagian ibu hamil cukup mengkhawatirkan dan menghindari untuk tidak meminum air es ketika mereka merasakan kehausan yang berlebih, paslnya bisa menyebabkan bayi menjadi besar (gemuk), yang nantinya berakibat bayi akan susah ketika peroses persalinan.

Perlu Anda ketahui sebenarnya apa yang dikhawatirkan tersebut tidak ada dasarnya sama sekali. Bahkan meminum air es tidak ada hubungannya dengan bayi yang mudah menjadi besar ataupun sulit melahirkan. Tidak ada larangan apapun bagi ibu hamil untuk meminum air es, hal tersebut boleh asalkan jangan terlalu sering dikarenakan bakal membuat tubuh harus lebih banyak membakar lemak ataupun kalori sehingga tubuh naik ketika mencerna air dingin. Sehingga mengakibatkan ibu hamil akan mudah lelah karena kekurangan kalori.

Nah, mengenai problem ukuran bayi yang menjadi besar ketika minum air es saat hamil, itu dikarenkn adanya faktor penyakit turunan misalnya kencing manis ataupun diabetes, bukan dari air es itu sendiri. Air es tidaklah membahayakan bagi ibu hamil serta janinnya, pada dasarnya cairan akan dikeluarkan manjadi urine dalam proses metabolisme tubuh. Sebenarnya yang membahayakan apabila air es tersebut dicampur dengan sirup. Kandungan gula yang berlebih  inilah yang bisa membuat ukuran bayi cepat menjadi besar. Sehingga mengakibatkan para bunda sekalian diharuskan untuk operasi ceasar.

Selain itu, wajib diperhatikan bukan hanya sirup saja yang mengandung gula berlebih, namun banyak jenis minuman lainnya maupun makanan yang mengandung kadar gula berlebih dan itu wjib diwaspadai oleh para ibu hamil sekalian. Bila perlu kurangi mengurangi jumlah konsumsi gula dalam masa kehamilan.

Jadi Sekarang sudah jelas bahwa meminum air es itu tidak membahayakan bagi ibu hamil atau tidak ada dampak minum air es saat hamil. Bila Anda mendengar bahwa minum air es akan membuat ukuran bayi jadi besar, sebenarnya itu hanyalah sebuh mitos saja. Jangan khawatir ya bunda, dijamin sehat dedek bayi dalam kandungannya.